Profil / Sejarah Dinas

Dinas operasi berdiri pada tahun 1980. Awalnya Dinas koperasi ini bernama JAWAKOP (jawatan koperasi). Namun pada tahun 2008 ditetapkan menjadi DINAS KOPERASI SAMPANG . Dinas koperasi sudah mengalami 14 perubahan pemimpin sampai saat ini. Kantor dinas koperasi ini berawal dari adanya keputusan dari Menteri Perdagangan bahwa perindustrian dalam pelaksanaannya perlu melakukan pengembangan terhadap para pelaku usaha kecil sehingga Dinas Perindustrian membagi usaha kedalam kategori IKM dan UKM dimana tugas dan fungsi keduanya berbeda sehingga IKM adalah usaha yang bergerak dalam melakukan produksinya menggunakan alat-alat yang bersifat keindustrian sedangkan UKM adalah usaha kecil menengah yang total asetnya tidak melebihi 50 M, sehingga berdasarkan kategori tersebut maka lahirlah leading sector yang menangani UKM yaitu DINAS KOPERASI dan UKM.

Pada tanggal 20 Desember 2017 Dinas Koperasi dan UMKM ditetapkan menjadi Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja berdasarkan Peraturan Bupati Sampang Nomor 54 Tahun 2017 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kabupaten Sampang.

Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja merupakan unsur pelaksana urusan Pemerintahan bidang Koperasi, Usaha Mikro, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah Kabupaten.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *